Rabu, 13 Januari 2010

Kadipa Jelajahi Meratus

Selasa, 29 Agustus 2006


MARTAPURA – Organisasi Pecinta Alam (Orpala) Kadipa, yang bersekretariat di Jl Demang Leman Kelurahan Pasayangan Martapura, Senin (28/8) melakukan Ekpedisi Jelajah Meratus. Hal ini mereka lakukan untuk mendapatkan data dan dokumentasi tentang keberadaan flora dan fauna, khususnya keberadaan hewan bernama Lutung Dahi Putih yang banyak terdapat di Pegunungan Meratus.

Maulidin yang didapuk sebagai ketua tim mengungkapkan pada wartawan bahwa ekpedisi yang mereka lakukan kali ini akan menargetkan, menemukan habitat hewan Lutung Dahi Putih, yang dalam penelitian sebelumnya banyak terdapat di pegunungan Meratus. “Kami akan melakukan pendataan, dan mengambil gambar sebagai dokumentasi dan bukti bahawa hewan itu ada,” kata Maulidin.

Tidak hanya itu, Kadipa juga berencana mengumpulkan data berbagai macam binatang yang hidup di pegunungan Meratus, dan juga mendata berbagai macam jenis tumbuhan, yang tergolong langka.

Tim Ekpedisi Jelajah Meratus akan memulai pendakian di Gunung Batu Besar yang terdapat di Barabai, kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang turun di kota Kandangan kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dilanjutkan dengan menaiki wilayah obyek wisata Loksado untuk menuju Balai Malaris, yang nanti akan diteruskan menuju Desa Paramasan Bawah Kabupaten Banjar. “Dalam ekpedisi semua flora dan fauan yang kami temukan akan didata,” ujarnya.

Dalam ekpedisi ini, mereka akan menghabiskan waktu sekitar 12 hari untuk melalui pegunungan yang terdapat di 3 kabupaten. Tim akan menyusuri dari satu gunung ke gunung lainya dengan berjalan kaki. “Mudah-mudahan tidak ada rintangan dalam pendakian ini,” katanya.

Ketua SAR Kabupaten Banjar, Drs Rusmiadi saat melepas secara resmi keberangkatan tim ekpedis berpesan, supaya anggota tim menjaga keselamatan, dan juga menjaga kesehatan agar nantinya kembali ke daerah dengan membawa banyak manfaat.(spn)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan dilihat, tapi silahkan berkomentar. Terimakasih, Salam Lestari..